Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

19 June 2012

Pelajaran Sederhana dan Berharga dari Seorang Dosen

"Om Swastiastu"

Setiap harinya kita akan mempelajari sesuatu yang baru. Entah disadari atau tidak kita akan melakukannya setiap hari. Misalnya dengan mendengarkan informasi dari orang lain, maka kita akan dapat memperoles sumber berita baru dan pengetahuan baru dari informasi yang kita dapat. Begitu juga dengan kejadian yang baru saja saya alami. Dan pelajaran ini juga berkaitan dengan teknologi informasi atau yang akrab kita sapa dengan IT.

Saya sedang duduk dikelas mendengarkan penjelasan dosen sampai sang dosen memberikan sebuah perumpamaan dalam membuat suatu sistem. Kita biasanya membuat suatu sistem dengan security login yang lengkap dengan enkripsi sehingga akan menyulitkan para hacker untuk mengakses sistem informasi yang kita buat. Tetapi bapak dosen ini telah mengajarkan saya untuk lebih teliti dalam membuat suatu sistem.


Beliau memberikan sebuah perumpamaan, ketika kita meninggalkan rumah, maka kita biasanya akan mengunci pintu depan sehingga maling atau perampok tidak bisa merampok isi rumah kita. Tapi maling tahu banyak cara, mereka bisa merampok lewat pintu samping atau pintu belakang. Dari sebuah perumpamaan ini kita bisa berpikir bahwa untuk membuat sistem informasi yang aman tidak cukup dengan menggunakan login dan enkripsi saja. Masih banyak hal lain yang perlu kita tambahkan agar sistem kita terjamin aman. Misalnya dengan menambahkan anti SQL injection, password pada database, dan masih banyak hal lainnya.

Nah, semoga perumpamaan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian yang sedang mengembangkan suatu sistem informasi.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 0 comments pada “Pelajaran Sederhana dan Berharga dari Seorang Dosen”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!