Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

26 February 2010

Kiat Sukses Belajar Pemrograman C++

"Om Swastiastu"

Menurut Anda susahkan belajar bahasa pemrograman? Terutama bahasa pemrograman C++? Tentu ini menjadi pertenyaan tersendiri untuk Anda. Banyak orang yang belajar bahasa pemrograman C++, namun hanya beberapa yang sukses menaklukkan bahasa pemrograman yang satu ini. Yang lainnya kadang hanya menguasai dasar tanpa bisa terus berkembang. Menjadi seorang programmer tentu harus bisa menguasai minimal 1 atau 2 bahasa pemrograman. Apalagi C++ adalah bahasa pemrograman yang cukup diminati banyak orang di Indonesia. Tercatat setiap dosen Teknologi/Sistem Komputer pasti minimal bisa menguasai pemrograman C++. Lalu dari mana atau bagaimana mereka semua bisa menjadi programmer seperti itu? Mari kita temukan solusinya.

Awal saya kuliah mengenal yang namanya algoritma. Saya sangka algoritma itu adalah matematika karena sekilas katanya yang mirip dengan logaritma dalam matematika. Tapi ternyata tidak! Algoritma berbeda dengan Logaritma. Nah saya mempunyai beberapa tips yang mungkin berguna bagi kalian semua dalam mempelajari bahasa pemrograman, terutama C++. Berikut adalah kiat-kiat sukses belajar pemrograman C++:


  1. Sering-seringlah membaca modul atau buku panduan belajar pemrograman. Ini sangat penting untuk menambah wawasan Anda dalam teori ataupun materi. Bila perlu, tabung uang Anda dan beli satu buku bahasa pemrograman setiap awal bulan. Itulah yang saya lakukan selama ini. Walau tidak semua buku yang saya beli adalah bahasa pemrograman.
  2. Sering-seringlah melatih kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah algoritma pemrograman. Apabila kalian menemukan masalah, cobalah untuk menyelesaikannya kedalam pemrograman. Atau coba-cobalah untuk membuat program tertentu yang menurut kalian menarik. Atau kalian dapat membuat program dalam matematika, contohnya, program matriks dalam C++, atau rumus fisika lainnya.
  3. Practice make perfect! Slogan yang satu ini sangat ampuh dan berguna untuk menguasai pemrograman C++. Karena semakin sering kita latihan, semakin terasah kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah. Semakin bertambah ilmu kita dalam membuat program.
  4. Jangan malu bertanya! Banyak para mahasiswa yang malu bertanya ketika sedang mengalami kesulitan dalam memecahkan algoritma pemrograman. Ketika menemui jalan buntu dan tidak bisa menyelesaikannya, biasanya kita menyerah dan pasrah. Ini adalah suatu sikap yang keliru! Sebisa mungkin, tanyakan pada dosen Anda atau pada kakak senior yang mungkin sudah mengetahui masalah Anda.
  5. Ketahui apa yang membuat program error atau perhatikan error handling. Ketika kita meng-compile syntax yang kita buat, terkadang muncul tanda compile gagal, ada syntax yang salah. Nah, disini dituntut ketelitian kita dalam memperbaiki syntax sehingga pada saat di-compile akan sukses. Semakin sering kalian mengalami syntax error, semakin terasah kemampuan kalian dalam memperbaiki program. Asalkan kalian mau berusaha agar tidak terjadi syntax error lagi, pasti kalian bisa. Jangan setiap menemui syntax error kalian langsung menyerah dan cuek.
  6. Kembangkan program yang sudah ada. Apabila kalian berhasil membuat beberapa program, coba kembangkan program tersebut. Misal kalian berhasil membuat 3 program, program luas segitiga, lingkaran, dan volume tabung. Kembangkan ketiga program tersebut menjadi satu program dalam bentuk menu pilihan. Dimana jika kita memilih tombol 1 maka kita akan menuju program luas segitiga dst sampai kita menekan tombol 4 yang artinya keluar dari program. Begitulah kira-kira.
  7. Luangkan waktu satu atau dua jam setiap harinya untuk praktek dan membaca. Lakukan ini diluar jam kampus. Dengan mengalokasikan waktu untuk belajar, maka kalian akan lebih cepat dalam memahami dan menguasai bahasa pemrograman.
Sekian tips yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari bahasa pemrograman dengan sukses. Salam dari IT Programmer.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 22 comments pada “Kiat Sukses Belajar Pemrograman C++”
Melly said...
pada hari 

thanks banget buat tips nya gw juga pikir kyk gitu sekarang.gw akan coba deh,karna selama ini gw emang benci banget sama pelajaran ini.moga km makin sukses dalam memberikan motivasi n artikel2 yang lebih baik.GBU

IT Programmer said...
pada hari 

makasi buat komennya..
saya juga lagi belajar.. sambil belajar,, saya berbagi ilmu,, senang karena blog saya bisa membantu Anda,, saya harap teman-teman yang lain jg bisa terbantu..
sukses juga buat kamu.. GBU..

Anonymous said...
pada hari 

tanks sob gW suka artikel yg Lo buat gW sekarang kuliah sambil kerja jadi gW sering ketinggalan mata kuliah C++ tapi berkat artikel yg Lo buat W jadi bisa ngikutin mata kuliah c++

IT Programmer said...
pada hari 

senang bisa membantu..

nietha said...
pada hari 

pernah belajar C++ dan ternyata buatku suliittt

aisyah muna said...
pada hari 

c++...belum pernah belajar..tapi insyaALLAH nanti...

soumboy said...
pada hari 

trim's gan...

ane dri dlu emg pgen blajar bhs itu, n' q udah nyoba, tapi berhubung gk da gurunya, jadi q cman ngincip doank.
hehehe





Go freedom...!!!

kumpulan tips komputer said...
pada hari 

Wah...Thank u gan tipsnya, sangat memacu saya yg baru belajar bahasa C++ nie.

IT Programmer said...
pada hari 

wahhh,, senang sekali rasanya artikel saya bisa membantu banyak sekali teman-teman di indonesia ataupun yang diluar indonesia.. :)

mei said...
pada hari 

pengetahuan saya bertambah lagi karena membaca artikel ini
terima kasih ya .....

Download Ebook Komputer Gratissss said...
pada hari 

Salam Kenal Ya Bos... sy bru ingin memperdalam C++ mohon bantuannya...

Dora said...
pada hari 

Bagi gua c++ merupakan sesuatu yang paling menarik.
tpi susah banget untuk memahaminya. .

Dwiajakokrepot said...
pada hari 

ijin share mas,,,,,,,,

Unknown said...
pada hari 

salam hormat,,mas sbenernya fungsi return apa c??and saya masih kesulitan belajar array n function..tolong dung terbitkan materi tentang array ma function....makasih sebelumnya

S4NDMOTION said...
pada hari 

MANTAB SOB INFONYA..SALAM KENAL YA

Unknown said...
pada hari 

halo mas thx bwt infonya ya

Anonymous said...
pada hari 

terima kasih Gan ..
saya jadi sedikit tahu tentang bahasa C++ ini..
saya juga ingin bisa memprdalam nya..
:D

Saepudin said...
pada hari 

Hallo Gan,Blog agan keren dan penuh ilmu terutama buat pemrograman, ane lagi mau mendalami bahasa pemrograman jadi gak terkesan setengah-setengah kuliah ane.Mohon bantuannya yee..
Terus berkarya gan..Mmm o iya blog agan cool abis,gimana sich caranya buat blog sekeren punya agan..
Ya udah sekian aje comment ane, izin share ya gan..

Kiat belajar praktis ilmu pemrograman said...
pada hari 

thnks buat infonya...
klo bsa semakin ditmbh lg info2 yg menarik...

BEST PTC SITES said...
pada hari 

Gw baru mulai belajar c++ nih meskipun background gw jauh dr hal2 ginian...tp gw sangat tertarik ma yg satu ini mudah2an aja kegiatan gw ini gak panas diawal doang n berhenti belajar...thx buat tips nya

Unknown said...
pada hari 

thanks info2 gan.
bermanfaat banget nih:D

Hermanto said...
pada hari 

Kalo saya boleh tambah satu lagi kelemahan dalam belajar pemrograman, mudah bosan.

Cara ngatasinya: buat program/software kecil-kecil yang bisa buat kamu mengekspresikan ide-ide kamu, syukur2 bisa dipake oleh orang banyak. Tapi jangan lupa buat semua catatan kamu dan bagi ilmu itu buat orang banyak sehingga bermanfaat.

Saya sedang buat tutorial wxWidgets tentu dengan C++nya. Buat teman2 yang berminat bisa main2 ke www.hermanto.org.

Makasih ya buat pak admin. Jika berkenan mampir juga ke blog saya ya. Semoga kita bisa sharing, oke tks

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!