Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

03 July 2012

Mendeteksi Resolusi Layar Monitor dengan PHP dan Javascript

"Om Swastiastu"

Resolusi layar merupakan suatu hal yang penting yang wajib diperhatikan para web developer dalam mengembangkan suatu website. Karena saya yakin banyak programmer yang menemukan masalah dengan resolusi layar. Misalnya saja seorang programmer bekerja membuat website dengan lebar layout 1000 pixel dan resolusi layar komputer si programmer adalah sebesar 1200x800 pixel. Lalu ketika website diluncurkan ada seorang pengunjung dengan resolusi layar komputer sebesar 800x800 pixel, maka tentu tampilan layar akan menjadi berbeda dimana terdapat tambahan horizontal scrolling dibagian bawah browser. Tentunya hal ini kan merepotkan pengunjung, karena harus menggeser horizontal scroller browsernya untuk melihat situs yang dibuat.


Untuk solusinya, kita perlu mendeteksi resolusi layar pengunjung sebelum browser menampilkan halaman utama dari situs yang kita buat. Kita akan membuat script yang bisa mendeteksi resolusi layar dengan PHP dan Javascript. Langkah yang diperlukan yaitu, buatlah sebuah folder dengan nama resolusi di dalam folder htdocs, lalu buat file index.php didalamnya dan silahkan ketik script berikut ini.



<?php
session_start();

if(empty($_SESSION[w]) && empty($_SESSION[h])){
echo "<script language='javascript'>";
echo "document.location = 'resolution.php?'";
echo "w='+screen.width+' &h='+screen.height";
echo "</script>";
}else{
?>

<html>
<head>
<title>Detecting Screen Resolution</title>
<style>
#screen{
height:100%;
background: #333;
border: 2px solid #999;
}
</style>
</head>

<body>
<div id="screen" align="center">
Lebar layout ini sesuai dengan resolusi monitor anda.<br/>
<?php echo "$_SESSION[w]x$_SESSION_[h] pixel";?>
</div>
</body>
</html>

<?php
}
?>


Untuk memulai session kita menggunakan kode session_start(). Kemudian kita akan mengecek apakah sudah ada nilai pada variabel $_SESSION[w] dan $_SESSION[h]. Jika sudah terisi maka halaman index.php akan menampilkan tag html dan apabila session masih kosong, maka halaman akan dialihkan ke halaman resolution.php dengan parameter lebar dan tinggi dari resolusi komputer masing-masing client (lihat kode bagian script document.location).

Selanjutnya buat file dengan nama resolution.php dan simpan didalam folder resolusi tadi. Lalu ketikkan script dibawah ini:




<?php
session_start();

$_SESSION[w] = $_GET[w];
$_SESSION[h] = $_GET[h];

if(isset($_SESSION[w]) && isset($_SESSION[h])){
header('location: index.php');
}
?>



Nah, dalam file resolution.php ini parameter yang kita kirim tadi akan diolah, selanjutnya akan ditampung dalam variabel global session. Kemudian session divalidasi jika sudah terisi maka halaman akan kembali dialihkan ke halaman index.php. Begitulah kira-kira kerja dari script diatas dan nantinya akan ditampilkan ukuran dari resolusi layar komputer masing-masing client.

Semoga berguna untuk teman-teman sekalian.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 0 comments pada “Mendeteksi Resolusi Layar Monitor dengan PHP dan Javascript”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!