Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

23 December 2011

Membuat Validasi URL Sederhana dengan Javascript

"Om Swastiastu"

Ketika kalian ingin mengisi sebuah shoutbox atau komentar pada sebuah website, kalian mungkin akan dimintai untuk mengisi alamat website kalian. Atau kalian sendiri yang pasti ingin memberikannya guna menambah traffic ke website kalian. Nah, tidak semua pengunjung mempunyai alamat website. Pasti saja ada diantara mereka yang memasukkan alamat URL yang tidak valid. Atau mungkin pengunjung memasukkan alamat email yang kurang lengkap, misalkan mereka langsung mengetikkan alamatnya tanpa menuliskan embel-embel "http://" di depannya.


URL juga boleh diisi boleh tidak diisi, jadi jika URL kosong, maka itu tidaklah masalah. Maka dari itu kita perlu melakukan validasi URL. Disini saya akan menggunakan javascript sebagai perantara untuk melakukan validasi URL tersebut. Untuk memulainya, buatlah sebuah input text dan sebuah tombol (input tipe button). Seperti pada koding dibawah:


<input type="text" id="website">
<input type="button" onclick="checkURL()">


Koding diatas adalah untuk membuat input teks dengan id website, dan input button yang jika diklik akan mengeksekusi fungsi checkURL(). Selanjutnya, kita buat validasi javascriptnya dalam fungsi checkURL():

<script>
function checkURL(){
var URL = document.getElementById("website").value;
if(URL == ""){
URL = URL
alert("URL kosong");
}else{
var http = URL.substring(0,7);
if(http != "http://"){
URL = "http://"+URL;
}else{
URL = URL;
}
alert("URL sudah benar: "+URL);
}
}
</script>

Hal pertama adalah ambil nilai dari input website. Jika URL kosong, maka akan muncul bahwa URL kosong, jika diisi, check string 7 huruf awal dari URL, apakah terdapat string "http://" atau tidak, jika tidak, tambahkan string "http://", lalu munculkan pemberitahuan bahwa URL sudah benar. Seperti itulah kira-kira jika ingin melakukan validasi URL secara sederhana. Sebenarnya masih banyak lagi beberapa validasi lainnya, misalkan harus ada tiga huruf setelah tanda titik, atau jika ada dua huruf setelah tanda titik maka ditambahkan tanda titik lagi dan dua huruf lagi dibelakangnya. Seperti itulah kira-kira logikanya, semoga membantu teman-teman sekalian.



"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 1
sejuta trik blogger said...
pada hari 

wah bener juga, kata master sih, kalau ada broken link atau alamat url tidak lengkap mempengaruhi seo juga ya? ya walaupun itu dari pengunjung, makasih infonya gan, copy dulu buat referensi. he2

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!