Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

20 January 2012

Tips Agar Apache Bisa Membaca Htaccess

"Om Swastiastu"

IT Programmer
Bagi kalian yang ingin menggunakan htaccess dalam sebuah website, tentunya kalian harus mengetest htaccess tersebut di localhost. Dengan kata lain, web server apache kalian harus bisa membaca file htaccess yang kalian buat. Disini saya hanya akan menjelaskan bagaimana membuat web server apache dari Xampp bisa membaca htaccess. Saya tidak akan menjelaskan web server lainnya seperti appserv karena saya tidak menggunakannya.

Saat kalian pertama kali menginstall xampp, web server ini belum bisa langsung membaca file htaccess. Maka dari itu, ketika kalian menjalan file yang telah diisi htaccess pada browser maka akan keluar pesan server error. Padahal kalian telah mengetikkan alamat web dengan benar beserta htaccessnya. Misalkan saja, alamat url ini


localhost/website/halaman1.html

Setelah diberikan htaccess, maka alamat tersebut akan berubah menjadi

localhost/website/welcome

Nah, ketika kalian menjalan alamat localhost/website/welcome ini maka akan muncul pesan server error. Ini karena htaccess belum terbaca oleh browser atau web server xampp. Agar web server xampp dapat membaca htaccess kita harus mengubah satu baris kode pada salah satu filenya. Silahkan masuk ke directory berikut ini:

C:\Program Files\xampp\apache\http\

Di dalam folder http, kalian akan menemukan beberapa folder dan 3 buah file. Nah, buka file httpd.conf dengan notepad.

IT Programmer

Dalam file httpd.conf ada banyak sekali kode-kode. Tapi kalian hanya perlu mengedit satu baris saja. Untuk lebih memudahkan menemukan kode yang akan kita edit. Tekan Ctrl+F untuk masuk ke menu pencarian. Temukan kode berikut ini:

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Jika kalian sudah menemukan kode tersebut. Hapus tanda pagar di depan kode tersebut sehingga kode tersebut menjadi seperti ini:

LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Jika sudah simpan, lalu exit atau close file tersebut. Tanda pagar menyebabkan kode tersebut dianggap sebagai komentar sehingga tidak akan dijalankan. Begitu tanda pagar dihilangkan maka dengan kode tersebut web server xampp bisa membaca htaccess. Sekarang silahkan jalankan alamat htaccess yang sudah kalian buat. Sekarang pasti sudah berjalan. Semoga tips ini berguna. :)

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 0 comments pada “Tips Agar Apache Bisa Membaca Htaccess”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!