Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

20 January 2012

Internet Connection Sharing Windows 7

"OM Swastyastu"

Internet Connection Sharing yang biasa disingkat ICS adalah penggunaan perangkat (laptop, mobile phone, komputer, dll) dengan akses internet seperti layanan 3G, Wi-fi, dan internet gateway yang lainnya sebagai jalur akses internet untuk perangkat yang lainnya. Agak ribet yah saya jelasinnya?? kurang lebihnya itulah menurut saya :). Untuk menggunakan Internet Connection Sharing komputer host harus memiliki adapter jaringan yang dikonfigurasi untuk menyambungkan ke jaringan internal dan satu adapter jaringan atau modem dikonfigurasi untuk menyambungkan ke Internet (ribet lagi yah kata-katanya??). Intinya komputer host harus sudah konek internet dan memiliki adapter jaringan.
Berikut ini cara konfigurasi Internet Connection Sharing di Windows 7 :


Pertama :
Setting pada komputer / laptop host (yang terkoneksi internet). Settingan ini saya gunakan untuk dipergunakan pada perangkat dengan wireless adapter.

  • Klik Start -- Control Panel -- Network and Sharing Center
  • Selanjutnya pada jendela Network and Sharing Center klik Manage Wireless Network -- Add
  • Klik Create an ad hoc network pada dialog box kemudian klik Next
  • Tahap selanjutnya adalah proses membuat identitas koneksi yang akan kita share.
  • Pada Network Name kalian bisa gunakan nama apa saja terserah kalian. Pada Security Tipe ada pilihan "No Authentication (Open)", "WEP", dan "WPA2-Personal" disini saya memilih "No Authentication (Open)" agar gak ribet, tapi jika kalian ingin memproteksi Internet Connection Sharing yang kalian buat kalian bisa memilih "WEP" atau "WPA2-Personal" (saya sarankan menggunakan WEP)kemudian isikan password pada Security Key.Centang Save this network lalu klik Next. Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini
  • Klik Turn on Internet connection sharing -- tunggu sampai prosesnya loading selesai. klik Close
  • Pastikan konfigurasi kalian sudah aktif. caranya klik icon network pada toolbar pojok kanan bawah. Jika sudah aktif akan terlihat "IT Programmer Waiting for users"
Selanjutnya gunakan perangkat lainnya yang memiliki adapter jaringan wireless seperti laptop atau handphone (jangan lupa aktifkan wirelessnya terlebih dahulu). Lakukan seperti halnya kita melakukan koneksi internet menggunakan hot spot. Klik Wireless Network Connection dengan nama IT Programmer. Jika sudah tersambung status network keduanya akan menjadi connected. Internet Connection Sharing ini bisa di akses oleh multi user namun jika terlalu banyak yang mengakses koneksi akan menjadi sangat lambat. saya sarankan hanya digunakan untuk 4-6 user saja.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi banyak orang :)

"OM Santhi, Santhi, Santhi OM"



Comments:

Ada 0 comments pada “Internet Connection Sharing Windows 7”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!