Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

13 January 2012

Membuat Dropdown List Negara Di Dunia Dengan PHP

"Om Swastiastu"


IT Programmer
Mungkin diantara kalian ada yang membuat website yang memerlukan list negara-negara di bumi ini untuk ditampilkan pada halaman websitenya. Misalkan saja, kalian membuat sebuah website wisata yang memerlukan halaman reservasi, dimana pada kolom reservasi kalian diminta untuk membuat dropdown list negara-negara di dunia ini. Mengapa? Karena yang melakukan reservasi tentunya adalah orang-orang dari seluruh dunia dan kita perlu mengetahui darimana asal orang yang akan melakukan reservasi. Kalau kalian bingung karena tidak mengetahui list dari negara di dunia, mudah, karena disini kalian mendapatkan solusinya.



Untuk membuat list yang banyak itu, tentu akan sangat repot sekali kalau kita membuatnya secara manual. Membuat tag option sebanyak list negara yang ada di bumi ini. Melelahkan! Maka dari itu kita akan menggunakan sebuah array untuk melakukannya.

Saya akan membuatkan list negara ini dalam bentuk pemrograman PHP. Ini adalah array untuk list negara-negara di bumi ini. Syntax nya seperti ini



<?php

$list_negara = array("Afghanistan", "Albania", "Algeria", "Andorra", "Angola", "Antigua and Barbuda", "Argentina", "Armenia", "Australia", "Austria", "Azerbaijan", "Bahamas", "Bahrain", "Bangladesh", "Barbados", "Belarus", "Belgium", "Belize", "Benin", "Bhutan", "Bolivia", "Bosnia and Herzegovina", "Botswana", "Brazil", "Brunei", "Bulgaria", "Burkina Faso", "Burundi", "Cambodia", "Cameroon", "Canada", "Cape Verde", "Central African Republic", "Chad", "Chile", "China", "Colombi", "Comoros", "Congo (Brazzaville)", "Congo", "Costa Rica", "Cote d'Ivoire", "Croatia", "Cuba", "Cyprus", "Czech Republic", "Denmark", "Djibouti", "Dominica", "Dominican Republic", "East Timor (Timor Timur)", "Ecuador", "Egypt", "El Salvador", "Equatorial Guinea", "Eritrea", "Estonia", "Ethiopia", "Fiji", "Finland", "France", "Gabon", "Gambia", "Georgia", "Germany", "Ghana", "Greece", "Grenada", "Guatemala", "Guinea", "Guinea-Bissau", "Guyana", "Haiti", "Honduras", "Hungary", "Iceland", "India", "Indonesia", "Iran", "Iraq", "Ireland", "Israel", "Italy", "Jamaica", "Japan", "Jordan", "Kazakhstan", "Kenya", "Kiribati", "Korea, North", "Korea, South", "Kuwait", "Kyrgyzstan", "Laos", "Latvia", "Lebanon", "Lesotho", "Liberia", "Libya", "Liechtenstein", "Lithuania", "Luxembourg", "Macedonia", "Madagascar", "Malawi", "Malaysia", "Maldives", "Mali", "Malta", "Marshall Islands", "Mauritania", "Mauritius", "Mexico", "Micronesia", "Moldova", "Monaco", "Mongolia", "Morocco", "Mozambique", "Myanmar", "Namibia", "Nauru", "Nepal", "Netherlands", "New Zealand", "Nicaragua", "Niger", "Nigeria", "Norway", "Oman", "Pakistan", "Palau", "Panama", "Papua New Guinea", "Paraguay", "Peru", "Philippines", "Poland", "Portugal", "Qatar", "Romania", "Russia", "Rwanda", "Saint Kitts and Nevis", "Saint Lucia", "Saint Vincent", "Samoa", "San Marino", "Sao Tome and Principe", "Saudi Arabia", "Senegal", "Serbia and Montenegro", "Seychelles", "Sierra Leone", "Singapore", "Slovakia", "Slovenia", "Solomon Islands", "Somalia", "South Africa", "Spain", "Sri Lanka", "Sudan", "Suriname", "Swaziland", "Sweden", "Switzerland", "Syria", "Taiwan", "Tajikistan", "Tanzania", "Thailand", "Togo", "Tonga", "Trinidad and Tobago", "Tunisia", "Turkey", "Turkmenistan", "Tuvalu", "Uganda", "Ukraine", "United Arab Emirates", "United Kingdom", "United States", "Uruguay", "Uzbekistan", "Vanuatu", "Vatican City", "Venezuela", "Vietnam", "Yemen", "Zambia", "Zimbabwe");

?>







Setelah kita membuat listnya, maka sekarang saatnya untuk menuangkannya kedalam sebuah dropdown list dalam HTML. Buat syntax HTML dan PHP untuk menampilkan menu select seperti ini:


<select>

<?php for($i=0; $i<count($list_negara); $i++){ ?>

<option value="<?= $list_negara[$i]?>"><?= $list_negara[$i]?></option>

<?php }?>

</select>





Jika ada tambahan negara-negara mohon komentari artikel ini. Semoga membantu.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 2 comments pada “Membuat Dropdown List Negara Di Dunia Dengan PHP”
budies said...
pada hari 

waduh saya terlanjur copy paste script php untuk coba... ternyta ada larangan kopi paste.. maaf mas... besok saya ...

IT Programmer said...
pada hari 

iaaa, gapapa,, ditulis ulang aja, liat disini, trus tulis di editornya..

banyak plagiat soalnya mas..

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!