Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

27 October 2010

Pengenalan PHP - Membuat Hello World dalam PHP

"Om Swastiastu"

Disini kita akan memulai tutorial pemrograman web dengan menggunakan PHP. Ada beberapa hal yang perlu saya jelaskan sebelum kita beranjak pada sintaks. Pertama yaitu cara penulisan sintaks PHP. Seperti pada HTML, PHP juga mempunyai tag pembuka dan tag penutup. Tag pembuka PHP adalah <?php dan tag penutupnya adalah ?>. Diantara tag tersebut kita dapat menuliskan sintaks dari PHP. Selain itu, file PHP juga dapat diketik bersamaan dengan file HTML.
Untuk menjalankan sintaks PHP pada browser, kalian sebelumnya harus sudah menginstall XAMPP. Jika belum, silahkan download dulu software XAMPP.

Setelah itu langsung saja kita lihat contoh sintaks PHP. Berikut adalah sintaks Hello World dengan PHP, dan sintaks tersebut sengaja saya campur dengan kode HTML. Agar kalian dapat mengetahui perbedaannya.


<html>
<head>
<title>Hello World PHP</title>
</head>
<body>
<?php
echo "Hello World PHP";
?>
<p>Ini adalah script HTML</p>
<?php
echo "sedangkan ini adalah script PHP";
?>
</body>
</html>

Simpan script diatas dengan nama HelloWorld.php pada folder C:/XAMPP/XAMPP/htdocs/latihan. Ketika kalian sudah masuk pada folder htdocs, buatlah folder baru dengan nama latihan. Lalu berikut adalah penjelasannya script diatas. Seperti contoh diatas, kita dapat melihat bahwa setiap script PHP diawali dengan tanda <?php dan tanda ?>. Lalu fungsi perintah echo adalah untuk menampilkan script PHP. Setiap perintah atau statemen PHP diakhiri dengan tanda semicolon ( ; ).
Satu trik lagi, didalam perintah echo, kita juga dapat memasukkan tag HTML, contohnya seperti ini.

<?php
echo "<h2>HTML dalam PHP</h2>";
?>

Sampai jumpa pada tutorial PHP selanjutnya.


"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 0 comments pada “Pengenalan PHP - Membuat Hello World dalam PHP”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!