Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

13 July 2010

Cara Menjalankan XAMPP di Windows 7

"Om Swastiastu"

Selamat malam semua, ada sedikit tips nih buat teman-teman sekalian. Beberapa hari ini, dan seterusnya, saya dan seorang teman saya mendapatkan pelatihan mengenai koneksi database dari PHP ke MySQL. Selain itu juga diberikan proyek untuk membuat aplikasi web menggunakan PHP dan MySQL. Tetapi ada satu masalah yang muncul ketika saya hendak menjalankan XAMPP di laptop saya.

Saya menggunakan operating system windows 7, dan ketika menjalankan XAMPP, service XAMPP dan Apache tidak berjalan. Kenapa? Karena port 80 dan ssl 443 sudah digunakan oleh IIS. Setelah browsing di google, akhirnya saya menemukan solusinya. Cara menjalankan xampp di windows 7 adalah dengan merubah port 80 tersebut.

Sebelumnya, download dan install dulu XAMPP disini.
Jika sudah, masuk ke folder C:\xampp\apache\conf\httpd.conf

Nah, bukalah file httpd.conf ini menggunakan notepad, setelah itu cari kode Listen 80, lalu ubah menjadi Listen 8080.
Setelah itu, cari kode ServerName localhost: 80, lalu ubah menjadi ServerName localhost: 8080.
Jika sudah, simpan, lalu exit.

Kemudian, masuk ke folder C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-ssl.conf

Buka file httpd-ssl.conf dengan notepad, lalu edit.
Cari kode Listen 443, kemudian ubah menjadi Listen 4499.
Setalah itu, cari kode VirtualHost _default: 443, kemudian ubah menjado VirtualHost _default: 4499.
Terakhir, cari kode ServerName localhost: 443, kemudian ubah menjadi ServerName localhost: 4499.

Setelah ini, xampp kalian siap digunakan di windows 7. Jika masih tidak mau berjalan, cobalah tips dari artikel berikut. Menjalankan Apache Web Server XAMPP di Windows 7.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 11 comments pada “Cara Menjalankan XAMPP di Windows 7”
IT Programmer said...
pada hari 

coba artikel saya yang ini mas/mbak,, pasti berhasil..

http://world-of-programmer.blogspot.com/2010/07/menjalankan-apache-web-server-xampp-di.html

ini update dari artikel diatas..hehe

Unknown said...
pada hari 

jalanin di browsernya
http://localhost:8080/phpmyadmin/

IT Programmer said...
pada hari 

oia, kalo gamau kesimpen karena access denied.. silahkan dimpan dulu di tempat lain.. misalkan di Desktop,, setelah itu, copy file di desktop tersebut ke folder tempat file .conf tadi berada..

Anonymous said...
pada hari 

HTML

echo
{
printf("Smoga Web\Blog Ini Selalu UPDATE"%s);
};

olia said...
pada hari 

sorry,
tapi gw kok masih gak bisa masuk ke phpmyadminnya ya??
soalnya gw pake SQL server 2005 dulu sempet bentrok trus gw coba pindah port jadi listen : 88 nah itu bisa. n akhirnya gw uninnstall ulang karena sesuatu sekarang gw gak bisa lagi nih..,
mohon bantuanya .., :D

Al Rasyid said...
pada hari 

thank's mas bro,.
jadi bisa sekarang,.
belajar php dulu ah,.

jeff said...
pada hari 

Numpang nanya nih Mas, di Server saya sudah terinstal IIS7, kalau kita mau instal XAMPP (barengan) kira-kira bentrok gak ya? Soalnya saya kurang familier dengan IIS.

Makasih sebelumnya..
Sukses selalu buat blog ini :)

blonot said...
pada hari 

blog ne keren bli...
sebelumne sing ngidaang mejalan xampp tiange di windows 7

mima said...
pada hari 

ini dia yg ane cari... kasus-nya sama... ^_^

thanks sharenya ya om...

Unknown said...
pada hari 

trimakasih atas informasinya

My Blog' Lets Try said...
pada hari 

Thanks Abang....
tulisannya sangat membantu....

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!