Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

15 July 2010

Menjalankan Apache Web Server XAMPP di Windows 7

"Om Swastiastu"

Ketika menjalankan XAMPP di Windows 7, mungkin kalian merasa ada yang aneh. Apache web servernya tidak bisa berjalan seperti di windows XP. Selidik punya selidik, ternyata port 80 telah digunakan secara default oleh windows 7 sehingga web server tidak bisa berjalan di windows 7. Setelah sempat mencari solusinya di google, akhirnya saya menemukan solusi yang tepat.

Cara menjalankan Apache web server XAMPP di windows 7 sebagai berikut.


Pertama masuk ke menu Run, atau tekan tombol Windows + R pada keyboard.
Setelah itu ketik regedit pada menu Run tersebut.
Pada jendela regedit, masuklah ke menu: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\HTTP.
Tambahkan DWORD baru (32-bit), caranya:

  • Pertama, klik kanan pada HTTP, lalu pilih New, cari DWORD (32-bit)
  • Kedua, pada menu atas, klik Edit, lalu pilih New, dan cari DWORD (32-bit)
  • Ketiga, langsung saja klik kanan, pilih New, DWORD (32-bit) pada menu registry.

Jika sudah menambahkan DWORD baru, beri nama DWORD baru itu dengan "NoRun".
Kemudian double click Registry baru yang telah kalian buat, lalu berikan Value datanya menjadi 1.
Jika sudah, restart komputer kalian. Sekarang coba jalankan Apache, maka apache akan berfungsi seperti biasanya.
Semoga membantu teman-teman sekalian.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 16 comments pada “Menjalankan Apache Web Server XAMPP di Windows 7”
mon said...
pada hari 

aku emang pake xammp tapi masih pake windows xp, ntar kalo pindah ke windows 7 kayaknya bakal amat berguna nih trik. thank mas

pemula said...
pada hari 

saya sudah bisa install tp kenapa pas buat php nya ga mw ya insert ,delete ,updatenya...padahal saya pindah ke komp OS vista,,atau XP gak pengaruh apa"....

Anonymous said...
pada hari 

mohon pencerahan...saya udah coba-coba ketik bahasa php dan waktu mau nyimpan file ke htdocs (xampp) gak bisa, terus dialihkan ke direktori lain bisa kesimpan tapi kok setelah saya jalankan dibrowser yang muncul malah "object not found" dimana yang salah ya.. mohon bantuannya.. trims
OS:Windows7.

adashinichi said...
pada hari 

iy nuy kok kga bsa.. q pke win7 trz ta install xampp 1.7.3 kga mw jalan apache'e trz ud bsa jalan tpi kga mw lo ta ketik localhost/namafile. buat pgl nama file kga bsa gmna???
trz kga bsa tampil kode php'e, gak bsa program php alias gak jalan program php'e.
mohon dibantu

IT Programmer said...
pada hari 

sudah naruh file di htdocs??
apa menaruhnya didalam folder??
coba begini,
localhost/folder/file

atau kalo ada merubah port, misalkan dirubah ke port 8080, maka cara panggilnya:
localhost:8080/folder/file

dian said...
pada hari 

sALAM sejahtera...teimakasih sarannya.Saya sudah bisa menjalankan XAMPP di windows 7 dian www.akal123.com

bingung said...
pada hari 

kak,saya mau tanya,waktu kmrn2 ini xampp saya bermasalah ga bisa jalan..
ga mau running..
saya ud mencoba berbagai macam cara..
saya mengira ada malware di dlm komputer saya..kemudian saya bersihkan dengan malwarebytes anti-malware..sebelumnya tmn saya blg mungkin ada cookies yang msh nyangkut akhirny jg saya bersihkan pake CCleaner..
akhirnya xamppnya jalan jg..
akan tetapi bgtu saya mau coba buka facebook lsg kedirect ke xampp/localhostnya..
tapi kalo untuk menjalankan website lain seperti google.com,dan web lain ok2 saja..
saya ud coba direct xampp ke port lain jg nihil hasilnya..facebooknya msh ga bisa kebuka.bgtu saya ping ke www.facebook.com melalui command prompt hasilnya pingnya selalu ke 127.0.0.1 alamat localhost,bukan ke server facebooknya..
mungkin kakak punya saran atau solusi untuk saya??

Terima kasih

Anonymous said...
pada hari 

mohon bantuannya,kakak..
saya punya masalah..
wkt kmrn ni xampp saya ga mau running apachenya..
kmudian tmn saya menyuruh saya membersihkan menggunakan CCleaner untuk menghilangkan cookies yg mungkin nyangkut dan saya jg mengira ada malware or something di laptop saya.kemudian saya bersihkan dengan MAlware-bytes anti-malware..
setelah itu xamppnya dapat berjalan dengan baik.
sayangnya setelah xamppnya jln, bgtu saya ingin buka facebook, lsg kedirect ke localhost (xampp).
selalu bgtu..bgtu xampp dimatikan lsg ga bsa connect.
saya ud coba alihkan port xampp ke port lain jg sama saja hasilnya..facebooknya ttp ga bs kbuka
kemudian saya ping ke www.facebook.com connectnya ke 127.0.0.1 alamat localhost
saya uda coba uninstall xampp tp tetap ga bs kbuka FBnya..

mungkin kakak punya solusi yang bisa membantu saya??saya bingung sekali..

Terima kasih

Orang Bingung

Anonymous said...
pada hari 

mas or mbak. . .
aku mau tanya. . . ?????????
bagaimana cara membuat MySQL n domain di XAMPP. . .

tolong balas mas or mbak. . .
hehehheheeeeeeee
aku ingin belajar. . .

IT Programmer said...
pada hari 

untuk membuat database, bisa dibuat langsung pake SQLyog atau MySQL GUI lainnya..
kalo buat domain, silahkan buat folder baru di C:/Program Files/xampp/htdocs/

andrawen said...
pada hari 

mau tanya kakak, sebelumnya mysql dan localhost nya sudah jalan. setelah install adope cs5, tiba2 tidak bisa jalan lagi, tidak ada muncul error sama sekali, tapi begitu masuk localhost atau localhos:8080, layar kosong aja.

ada saran kak?

terima kasih.

Erman Loy said...
pada hari 

Saya sedang belajar membuat website dan itu sangat sulit bagi pemula. Termasuk menginstal Xampp di windows 7. Artikel ini sangat membantuku dan harus kuakui ini hadiah yang bagus di awal tahun 2012. Terima kasih atas artikelnya dan bisakah kita (termasuk para pengunjung blog ini) saling berdiskusi tentang membuat web dinamis? Saya butuh teman untuk berdiskusi. Terima kasih

Selamat Tahun Baru

Anonymous said...
pada hari 

Saya sudah mengikuti cara yang anda sarankan, namun malah Error, saya pake Xampp 1.7.7...Please solution for this..Thanks

Unknown said...
pada hari 

thanks infonya gan

bloger said...
pada hari 

pertama kali aku install versi 1.7.x langsung bisa jalan,hari ini aku berpindah ke versi 1.8.x malah gak bisa jalan ,masuk ke apache config aku ganti port nya yg 80 ke 8080 ,443 ke 4499 tetap error gak jalan semua ,aku otak atik terus terus.... ah mending tak balikin ke versi 1.7.x lagi ...yang terjadi mysql nya running tapi apachenya gak mau running ,aku masuk ke apache config aku ganti port nya yg 80 ke 8080 ,443 ke 4499 tetap error gak running apachenya ,aku otak atik terus terus....hampir nyerah ...ah buka goggle ketemu cara yang diatas tak praktekin..restart komputer ..op apachenya running lagi trus masuk ke localhostnya ok ..ah lega deh, makasih yaa petunjuknya

bloger said...
pada hari 

tak praktekan dan 100% sukses,makasih ya

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!