Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

04 November 2010

Cara Menggunakan Modem ZTE Smart AC2726 di Ubuntu 10.10

"Om Swastiastu"

Pada semester ini saya mendapatkankan mata kuliah sistem jaringan komputer. Dengan mengikuti mata kulian ini, maka mau tidak mau saya harus menginstall Ubuntu pada laptop saya. Ubuntu disini yang saya gunakan adalah Ubuntu terbaru yaitu versi 10.10. Melalui wi-fi di kampus, saya mulai memasang beberapa aplikasi standar yang dirasa perlu untuk menyempurnakan Ubuntu pada laptop saya ini.

Kemudian saya mendapatkan masalah, bahwa saya masih bingung bagaimana cara menggunakan modem smart ZTE AC2726 milik saya ini di sistem operasi ubuntu yang baru saya pakai. Solusi masalah berlanjut pada pencarian di google. Banyak cara rumit yang saya temui, karena harus menginstall ini itu sebelum menggunakan modem smart. Tapi ada satu cara praktis yang sangat saya suka. Nah, saya juga ingin membagikan cara yang saya dapat tersebut kepada teman-teman sekalian.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan modem USB smart ZTE AC2726 di sistem operasi Ubuntu.

  • Pada menu bagian atas, cari Application, Accessories, Terminal.
  • Ketika jendela Terminal muncul, ketikkan perintah berikut:
    • sudo gedit /etc/udev/rules.d/99-zte-ac2726.rules
  • Lalu akan muncul jendela teks kosong, copy script berikut kedalam teks editor tersebut:
    • SUBSYSTEM==”usb”, SYSFS{idVendor}==”19d2″, SYSFS{idProduct}==”fff5″, RUN+=”/usr/sbin/usb_modeswitch –default-vendor 0x19d2
      –default-product 0xfff1 –message-content
      5553424312345678c00000008000069f030000000000000000000000000000″
  • Jika sudah, lalu klik save, kemudian close.
  • Buka kembali menu pada bagian atas, cari System, Preference, Network Connection.
  • Pilih tab mobile broadband, lalu klik Add.
  • Buat koneksi baru, silahkan pilih negara, Indonesia. Klik forward, lalu akan muncul beberapa pilihan internet provider, karena smart belum ada disana, jadi pilih secara manual, beri nama "smart". Jangan lupa pilih jenis EVDO pada jenis koneksi.
  • Selanjutnya, setting username dan password untuk modem:
    • Username : smart
    • Password : smart
  • Jangan lupa beri tanda centang pada connect automatically.
Jika proses diatas sudah selesai, sekarang kalian bisa mencolokkan modem smart kalian ke laptop atau komputer kalian. Hanya disini, proses menunggu sekitar 1 menit agar modem dapat bekerja. Tidak seperti di windows yang jika dicolok, modem akan langsung bekerja. Tanda modem smart telah berjalan adalah adanya tanda seperti signal network dibagian atas.

Semoga tips diatas membantu.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 2 comments pada “Cara Menggunakan Modem ZTE Smart AC2726 di Ubuntu 10.10”
RidwanM said...
pada hari 

Thanks bro, ubuntu saya langsung bisa pake modem ini. Tapi kenapa option EVDO nya gak ada ya..

elnino said...
pada hari 

Bro, kalo untuk tipe ZTE SMARTFREN AC682 di ubuntu bisa gak ya?
Thanks buat dreamweaver nya yach.

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!