Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

16 July 2010

Cara Meng-update Tabel dalam SQL

"Om Swastiastu"

Lama tidak pernah memposting artikel mengenai SQL, kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial untuk meng-update tabel dalam SQL. Perintah update digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terbaru. Perhatikan tabel berikut:

Misalkan saja, kita ingin mengubah nama mata kuliah algoritma menjadi algoritma pemrograman dan jumlah SKS mata kuliah algoritma untuk tahun ini adalah 3. Sekarang kita harus meng-update-nya dari algoritma menjadi algoritma pemrograman dan dari 2 menjadi 3. Seperti inilah fungsi dari perintah update ini. Struktur dari sintax update tabel adalah sebagai berikut:


UPDATE namatabel SET kolom1='databaru', kolom2='databaru', ... , kolomN='databaru'
WHERE kolomkunci='kodekunci'

Pernyataan diatas hanya akan mengupdate 1 baris tabel saja. Hati-hatilah ketika kalian meng-update tabel, jika dalam tabel terdiri atas banyak data, dan kalian meng-update tanpa mengisi perintah WHERE, maka semua data akan ter-update menjadi data yang sama.

Contoh untuk meng-update tabel pada baris kelima sebagai berikut:

UPDATE matakuliah SET Nm_mk = 'Algoritma Pemrograman', Sks = '3'
WHERE Kd_mk = 'M05'

Jika sudah, tekan F5, maka data pada baris kelima akan ter-update seperti yang kalian lakukan. Selanjutnya, kita akan membahas menganai cara me-delete data, mengurutkan data, dan meng-group data.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 0 comments pada “Cara Meng-update Tabel dalam SQL”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!