Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

07 April 2010

Cara Menginstall JCreator

"Om Swastiastu"

Nah, jika kalian sudah mendownload JCreator yang saya berikan, ada beberapa hal lagi yang harus kalian lakukan agar kalian bisa lancar mempelajari bahasa pemrograman java. Tahap awal, sebelum mengginstall Java, terlebih dahulu kalian harus menginstall JDK (Java Development Kit) dan Java API Documentation. Kalian bisa memintanya kepada dosen atau asslab atau dapat mendownloadnya sendiri. Nah, untuk mendownloadnya dan menggunakan versi terbaru, kalian bisa mengunjungi halaman resmi java, di http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp

Untuk mendownload JDK, cari tulisan atau klik JDK 6 Update 18 pada halaman download java yang saya berikan diatas. Di sebelah kanannya akan terdapat link tombol download, ikuti saja instruksi yang diberikan, maka kalian akan bisa mendownload JDK ini secara gratis.

Untuk mendownload Java API Documentation, cari tulisan atau klik Java SE Documentation, di sebelah kanannya juga terdapat tombol download, klik dan iktui instruksi yang diberikan dan download secara gratis. Kalian akan menemukan bahwa Java API ini didownload dalam format .zip.

Selanjutnya, install terlebih dahulu JDK yang telah kalian download. Jika sudah, unzip atau extract file Java API Documentation. Buka folder hasil extract tersebut, dan kalian akan menemukan hanya satu folder dengan nama "docs". Copy atau cut folder tersebut, lalu paste dimana kalian menginstall JDK. Tempat default JDK adalah C:\Sun\SDK\jdk1.6.0\. Sehingga, folder "docs" tersebut akan berada di C:\Sun\SDK\jdk1.6.0\docs\.


Langkah selanjutnya adalah menginstall JCreator yang telah kalian download. Jika kalian langsung menginstall JCreator tanpa melakukan step diatas, maka kalian tidak akan bisa mengcompile dan mengeksekusi syntax java tersebut. Nah, berikut adalah step-step menginstall JCreator. Pertama jalankan program JCreator yang sudah kalian download. Maka akan muncul layar seperti gambar dibawah.
Klik tombol next, maka akan muncul layar seperti gambar dibaawah.
Klik I accept the agreement, kemudian tekan tombol next. Setelah itu akan muncul layar seperti gambar berikut.
Klik next saja, karena itu destinasi installation dari JCreator secara default. Klik OK jika muncul layar konfirmasi.
Klik next, untuk membuat Start Menu Folder.
Jika kalian ingin menyertakan shortcut, maka klik Create a desktop icon, selanjutnya tekan next.
Jika sudah, klik install, tunggu hingga proses instalasi selesai.
Nah, setelah selesai maka akan muncul layar seperti gambar diatas. Klik Launch JCreator, kemudian tekan Finish. Setelah itu secara otomatis akan muncul layar setting JCreator. Inilah step kunci dari instalasi JCreator. Ketika diminta mengenai destinasi dari JDK, maka secara otomatis akan ada destinasi instalasi JDK jika kalian telah menginstall JDK sebelumnya. Nah, selanjutnya adalah mengisi destinasi dari Java Documentation File. Cukup cari dimana tempat kalian menaruh file "docs" barusan.
Destinasi JDK : C:\..\jdk1.6.0\
Destinasi Java API : C:\..\jdk1.6.0\docs

Atau jika kalian menggunakan JDK versi 1.4, maka destinasinya adalah sbb:
JDK : C:\j2sdk1.4.2_04
Java API : C:\j2sdk1.4.2_04\docs

Jika setelah menginstall kalian tidak menemukan layar setting, maka ketika layar JCreator telah muncul, masuk ke menu Option, lalu klik Configure. Kemudian pada layar yang muncul, klik pilihan JDK Profiles. Kemudian, klik JDK yang terdapat disana, lalu klik EDIT, yang terdapat disebelah kanan layar. Pastikan destinasi dari JDK dan Documentation file sudah benar. Kemudian klik OK, Apply, OK.

Panjang juga ya postingan yang satu ini. Yah, begitulah cara menginstall JCreator. Selanjutnya, saya akan mulai memberikan materi bahasa pemrograman java. Cukup sekian dulu untuk hari ini.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 3 comments pada “Cara Menginstall JCreator”
Gandika said...
pada hari 

Swastiastu...
Bro ada yang lebih gampang kok
bisa pake netbean yang udah terintegrasi sama JSDKnya tinggal download dari situs resmi JAVA
But Nice Share
keep posting

Pudy said...
pada hari 

gan setelah diinstall kok exe nya di block sama avira personal ya . . . kenapa ya . . .
terima kasih

Cewek Penasaran said...
pada hari 

harus jdk vaesi 6.18 ketas ya?
why?

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!