Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

14 April 2010

Membuat Program Penjumlahan di VB 2008

"Om Swastiastu"

Akhirnya saya bisa memberikan artikel pemrograman visual basic 2008 pertama saya. Kita belajar dari yang paling dasar dulu ya teman-teman. Kali ini saya ingin memberikan materi mengenai cara membuat program penjumlahan dalam vb 2008. Nah, setelah kalian berada dihalaman kerja vb 2008, maka yang harus kalian lakukan adalah membuat form seperti dibawah ini.
Maaf kalau desain formnya kurang bagus. Tapi kita coba dulu lah seperti ini. Nah, untuk membuat form seperti ini, caranya drag label yang terdapat pada toolbox kedalam form lalu pada properties box cari tulisan Text, kemudian ganti text label1 dengan A:. Selanjutnya drag Textbox menuju form dan letakkan disamping tulisan A: atau disamping label1. Ikuti langkah diatas untuk membuat B. Kemudian drag Button dan letakkan dibawah textbox2. Pada properties box, ganti Text pada button1 dengan "hitung". Nah, sekarang kalian telah mengetahui bagaimana cara membuat desain program. Selanjutnya, tugas kalian adalah membuat desain form seperti gambar diatas. Anda dapat mendesain program sesuka hati kalian, asalkan rapi dan enak dipandang mata.
Selanjutnya klik dua kali pada button1 atau hitung. Kemudian masukkan kode berikut ini.

Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        TextBox3.Text = Val(TextBox1.Text) + Val(TextBox2.Text)
    End Sub
End Class

Penjelasan: kode berwarna merah diatas adalah kode yang memang terdapat atau langsung ada ketika kita meng klik dua kali pada button1 atau hitung. Sedangkan yang kita tambahkan atau masukkan adalah kode berwarna orange.
Pengertian dari kode berwarna orange adalah, jika button1 di klik maka nilai pada teksbox3 adalah hasil dari penjumlahan nilai teksbox1 dan teksbox2.

Kemudian, klik dua kali pada button2 atau keluar. Selanjutnya tambahkan kode berikut:

Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        End
    End Sub
End Class

Fungsi dari kode End adalah untuk menghentikan program.
Nah, jika sudah tekan F5 untuk meng compile dan menjalankan program. Jika sudah, dan sukses, maka program akan berjalan, kalian bisa mencoba menginputkan beberapa bilangan. Kira-kira hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Nah, apabila program sudah berjalan dengan baik, Anda dapat meng-compile program yang Anda buat dengan cara mengklik menu Build, kemudian klik Build Desktop Windows dan tunggu proses compile selesai. Kemudian simpanlah program dengan cara mengklik File, Save All.

Sekian yang dapat saya jelaskan mengenai dasar pemrograman visual basic 2008 kali ini. Maaf jika cara penyampaian saya kurang bagus.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 2 comments pada “Membuat Program Penjumlahan di VB 2008”
alit hysteric said...
pada hari 

suksma bro...
saya juga baru maw belajar vb.net
tolong di share lg tutorialnya..

Didit Serva Andrianto said...
pada hari 

Terima KAsih

blogwalking diditserva.blogspot.com

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!