Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

11 November 2010

Pengenalan PHP - Memulai Membuat Form dengan PHP

"Om Swastiastu"

Beberapa artikel dasar-dasar PHP telah saya berikan, kali ini kita akan melanjutkan pengenalan PHP. Tutorial kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat form sebagai media input data dalam PHP. Karena, ketika kalian membuat suatu program berbasis web, dalam program tersebut tidak hanya terdapat link saja. Tetapi juga terdapat form sebagai sarana untuk menginputkan data. Disini kita akan mempelajari cara membaca nilai yang dimasukkan kedalam form.

Kita membuat form dengan menggunakan perintah HTML, tetapi format tipe file tetaplah harus .php. Format dasar pembuatan form adalah sebagai berikut:

<form action="" method="post">
Nama: <input type="text" name="nama" /><br>
Alamat: <input type="text" name="alamat" /><br>
<input type="submit" />
</form>
Saya akan menjelaskan maksud dan tujuan dari sintaks diatas. Sintaks <form action="" method="post"> berfungsi untuk membuat formulir. Dalam form terdapat atribut action, atribut action ini berfungsi untuk memproses inputan. Kemana selanjutnya isi form akan diproses. Sintaks Nama: <input type="text" name="nama" /><br> berfungsi untuk memunculkan inputan teks untuk diisi nama nantinya. Sintaks Alamat: <input type="text" name="alamat" /><br> berfungsi untuk menampilkan inputan untuk memasukkan alamat. Dan sintaks <input type="submit" /> berfungsi untuk memunculkan tombol submit dalam form, dimana jika nantinya tombol submit ini ditekan, maka form akan menuju kearah letak atribut action pada form. Jika atribut action diberi value seperti ini:

<form action="proses.php" method="post">

Maka, form akan langsung menuju file proses.php ketika tombol submit ditekan. Begitulah fungsi dari sintaks action dan tombol submit. Atribut method="post" adalah cara yang nantinya digunakan untuk mengambil value dari masing-masing inputan.

Bentuk form nya nanti akan seperti gambar berikut. Maaf kalau sedikit berbeda, karena sewaktu saya memakai membuat posting ini, saya menggunakan operating system Ubuntu.

Pada tutorial selanjutnya nanti, kita akan belajar menggunakan form, dan membuat file proses nya. Untuk kali ini, cukup sekian dulu.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 1
Ocky d'slime said...
pada hari 

gan tau ga cara edit file *.php itu gimana terus pake software apa biar file tersebut bisa di buka kemudian baru di edit, thx

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!