Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

26 August 2010

Menambahkan Item ke dalam ListBox di VB 2008

"Om Swastiastu"

Ini adalah program sederhana lainnya pada VB 2008. Kemarin saya sudah membuat program ini. Dan memang sangat gampang dipelajari untuk pemula. Dimana kita mengetikkan sesuatu dan menambahkannya kedalam ListBox. Ini adalah hal yang dasar jika kalian ingin membuat program yang besar nantinya. Pertama buatlah desain form seperti gambar dibawah ini:

Dalam form diatas terdapat 1 buah Label, 1 buah TextBox, 1 Buah ListBox, dan 1 buah Button. Pada program ini saya lupa menambahkan Button Exit, tapi itu tidak masalah karena tanda X pada pojok kanan atas juga bisa digunakan untuk menutup program. Jika sudah membuat desain form seperti gambar diatas, double click Button1 lalu ketikkan kode berikut ini:


        Dim item As String
        item = TextBox1.Text


        ListBox1.Items.Add(item)


Disini kita akan memasukkan String kedalam ListBox. Pertama kita membuat sebuah variabel 'item' yang bertipe String. Lalu deklarasikan item sebagai teks yang ada di TextBox1. Kemudian untuk memberikan fungsi menambah String pada Button, kita menuliskan kode ListBox1.Items.Add(item).

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 1
Muhammad Bima Awhayna said...
pada hari 

gan mau nanya nie bisa ga klo di dalam teks box di masukan kalimat lalu kita tekan tombol proses setelah itu hasil jadinya kalimat terurai menjadi deretan kata""
contoh: ibu budi dan ibu andri pergi
setelah di prose menjadi:
ibu 2 (pengulangan)
budi 1
dan 1
andri 1
pergi 1

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!