Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

05 June 2010

Membuat Animasi GIF dengan Photoshop CS4

"Om Swastiastu"

Ingin tahu cara membuat banner yang bergerak-gerak seperti yang terlihat pada banner blog IT Programmer? Ada dua cara untuk membuat banner yang bisa bergerak. Yang pertama menggunakan flash, dan yang kedua menggunakan GIF. Nah, kali ini kita akan belajar menggunakan cara yang kedua, yaitu membuat animasi GIF. Software yang kita gunakan disini adalah Adobe Photoshop CS4.

Sangat mudah untuk membuat animasi GIF dengan Photoshop. Mugkin kalian tidak mengetahui kalau Photoshop dapat digunakan untuk membuat gambar animasi GIF. Tapi pada kenyataanya, photoshop dapat digunakan untuk membuat animasi GIF. Perhatikan tutorial berikut ini.


Pertama masuk dulu ke Photoshop, lalu tekan Ctrl + N untuk membuat gambar baru. Misalkan kalian ingin membuat header. Nah, kita gunakan contoh header blog IT Programmer. Settinglah agar ukurannya 480 x 160 pixel.

Lalu, setelah selesai menyetting, tekan OK. Kemudian buatlah tulisan seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan dua layer.
Pastikan kalian telah menggunakan dua layer. Lihat dibagian pojok kanan bawah Photoshop.
Layer pertama adalah tulisan IT Programmer, sedangkan layer kedua adalah tulisan a young talented programmer. Jika sudah, bukalah palet animasi, dengan cara menekan menu Windows -> Animasi. Setelah diklik, maka akan muncul palet Animation dibagian bawah. Dan dalam palet telah terdapat sebuah frame.
Klik ikon Duplicated Selected Frame yang terdapat dibagian bawah kanan palet animation (ikon yang saya beri lingkaran merah pada gambar diatas) untuk menduplikasikan frame. Sehingga menjadi seperti ini.
Pada frame pertama, atur Opacity masing-masing layer menjadi 0%. Untuk mengaturnya, klik pada frame 1, kemudian lihat dibagian kanan bawah layar photoshop.
Lalu klik layer 1, ubah Opacity menjadi 0%, begitu juga dengan layer 2. Jika sudah, klik kembali frame 2 lalu atur opacity masing-masing layer di frame 2 menjadi 100%. Jika sudah, kembali ke palet animation, lalu klik pada frame 2. Klik icon tween animations frame yang terdapat disebelah kiri ikon duplicate layer. Sehingga muncul kotak dialog seperti ini:
Ganti Frames to Add dari 5 menjadi 10. Semakin banyak frame nye semakin bagus hasil animasinya. Fungsi dari Frames to Add ini adalah untuk menambahkan 10 frame baru. Tekan OK jika sudah, lalu tekan Play untuk memainkan gambar. Simpan gambar dengan format .psd dan dengan format .gif. Gambar siap anda gunakan.

Semoga tips dan trick ini bermanfaat.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 2 comments pada “Membuat Animasi GIF dengan Photoshop CS4”
Nurul Imam said...
pada hari 

Sederhana dan bagus buat pemula

Berbagi Kreativitas said...
pada hari 

Nice tutorial for newbei. Tutorialnya sangat membantu & keren-keren juga. Salam blogger Berbagi Kreativitas

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!