Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

10 April 2010

Relasi Berulang atau Deret Dalam C++

"Om Swastiastu"

Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan relasi berulang atau deret bilangan. Nah, sekarang kita akan mengimplementasikan relasi berulang atau deret bilangan tersebut kedalam bahasa pemrograman C++. Sebagai contoh awal, saya akan memberikan contoh deret seperti berikut :

S = 2 4 6 8 ... 20

Nah, dalam deret seperti ini kita harus teliti dalam menentukan rumusnya. Hal pertama yang kita cari adalah baris pertama, kedua, dst sampai 10. Dimisalkan baris = i. Nah, setelah mengetahui jumlah baris, selanjutnya adalah mengetahui angka dalam setiap baris. Kita misalkan ini sebagai f(i).

i    = 1   2  3  4  5   6   7   8   9   10
f(i) = 2  4  6  8  10 12 14 16 18  20

Perhatikan bahwa f(i) = 2 * i. Saat dalam program kita ganti f(i) = x, sehingga x = 2 * i. Dan s = s + x. Nah, perhatikan syntax dibawah ini.

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>

void main()
{
 int i = 1;
 int s = 0;
 int x = 0;
 cout<<"S = ";
 while(i<=10)
 {
  x = 2 * i;
  s += x;

  cout<<" "<<x;
  i++;
 }
 cout<<"\n\nJumlah Deret s = "<<s;
 getch();
}

Untuk deret lainnya, saya hanya akan memberikan rumusnya saja.

S = 3, 5, 7, 9, ..., 15
Rumusnya : f(i) = 2 * i + 1

S = 2, 5, 10, 17, ..., 101
Rumusnya : f(i) = i * i + 1

S = 3, -6, 9, -12, ..., -21
Rumusnya = f(i) = 3 * i * (-1)i

Maaf hanya itu yang bisa saya berikan. Silahkan kembangkan relasi atau deret lainnya. ^_^

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 3 comments pada “Relasi Berulang atau Deret Dalam C++”
Ferdinand said...
pada hari 

Weleh....ga di kampuz ga di blog ketemu ini lagi hhe......wah aku kayanya mirip2 ini kmaren blajar tp bkn di C++ Sob...di java...nanti klo ad tgaz dr Algo aku mampir kesini gy hhe.....maklum aku kerjanya Graphic design jd agak ga nyambung sm Programming ... makasih Sob ilmu'y.....

Sohendar said...
pada hari 

wew wew wew.....
gak ngerti....
pascal aja blom mahir....
ckck

evita said...
pada hari 

mas,
kok setiap aku coba ngoding pake void gak pernah bisa sih?
mesti muncul tulisan: 'main' must return 'int'.
jadi akhirnya tiap aku ngoding pake int gitu deh.

makasih sudah berbagi ilmu, mas.
sukses ya.
kalo uda sukses jangan lupain aku. (haha, kayak yang kenal ajah)

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!