Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

25 October 2011

Pentingnya Pengertian Client Dalam Project IT

"Om Swastiastu"

Diantara kalian adakah yang sudah mempunyai pengalaman mengerjakan sebuah project? Bagi yang belum saya akan sedikit berbagi pengalaman kepada kalian. Dalam sebuah proyek diperlukan kerja sama tim yang bagus agar project dapat terselesaikan tepat waktu. Project leader harus mampu memimpin timnya dengan baik sehingga apa yang dibebankan dapat dilaksanakan sesuai kewajibannya masing-masing. Misalkan ada yang bertugas mengurus menyusun proposal, merancang database, mendesain user interface, coding hingga membuat laporan akhir.

Namun ada saja beberapa hal yang menyebabkan project tidak selesai tepat waktu. Salah satunya adalah kurangnya sumber data-data dari client. Ya, dalam hal ini, client juga harus turut bekerja sama dengan tim sehingga project yang mereka minta dapat finish tepat waktu. Pada beberapa project ada beberapa client yang saya dapat memberikan data-data yang kurang. Misalkan saat mengerjakan sebuah web travel, info-info yang diberikan travel sangat sedikit sehingga kadang-kadang user interfacenya sudah siap tapi isi dari website masih "Lorem ipsum". Bagi yang sering berurusan dengan web programming pasti mengerti apa itu "Lorem ipsum".

Namun client tetaplah client, apalagi mereka yang tidak mengerti tentang IT. Mereka kadang hanya menuntut dan menuntut mengapa website yang dikerjakan belum kelar juga. Memang kewajiban kita sebagai seorang programmer adalah untuk memuaskan client. Tanpa client kita programmer bukanlah apa-apa. Maka dari itu jika kalian menemui client seperti itu maka berikanlah pengertian bahwa kita programmer memerlukan bahan yang cukup agar project dapat finish tepat waktu.

Atau alternatif lain, kalian bisa melakukan inisiatif dengan mencari bahan sendiri di internet. Tapi data yang kalian dapat tidak akan seakurat data yang diberikan client. Jadi betapa pentingnya kerjasama dan pengertian client dalam pengerjaan project IT. Pengalaman akan menuntun kalian kearah yang lebih baik. Ada banyak tipe-tipe client, semakin banyak kalian mendapat project semakin banyak pula pengalaman kalian untuk menangangi client.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 2 comments pada “Pentingnya Pengertian Client Dalam Project IT”
Jerry Gerungan said...
pada hari 

PERTAMAX & Salam kenal gan, artikelnya sangat bermanfaat. Saya masih baru dlm dunia IT lebih khusus dibidang web programming dan saya berharap Anda bisa berkunjung ke Blog saya untuk menilainya. Terima Kasih

jual peralatan Kesehatan Lingkungan dan instrumen Keselamatan kerja said...
pada hari 

terimakasih gan info nya sangat bermanfaat....di tungu posting berikut nyah...i will follow U :-)

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!