Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

01 December 2011

Kesalahan Website

"Om Swastyastu"

Kali ini saya akan sedikit berbagi kesalahan umum yang sering terdapat pada website.  Chek This!!!

1. Javascript
Penggunaan Javasript seperti orang pamer otot. Mentang-mentang memiliki kemampuan memasukkan Javascript keren ke halaman website, janganlah lakukan. Yang paling penting, jangan ada JavaSrcipt yang bersifat dekoratif. seperti jam bergerak di samping kursor, salju turun, dan halaman bergoncang-goncang setiap beberapa detik. segera hilangkan semua itu.


2. Frame
Jangan gunakan frame untuk website anda. Titik. Mengapa? Pertama, karena bila ada frame, seseorang tidak bisa membookmark suatu halaman. karena yang terbookmark hanya frame saja, tidak termasuk navigasi dsb. Kedua, search engine seperti google bisa bermasalah. Ketiga, amat sangat jelek!

3. Warna Kontras
Jangan gunakan teks kuning di atas merah, atau biru di atas ungu, atau semacamnya yang bisa membuat epilepsi. Juga jangan gunakan warna terlalu berdekatan. Hati-hati dengan penggunaan tekstur/pola. Jangan tampilkan teks di atas suatu pola, kecuali telah didesain dengan tepat misalnya, menggunakan teks besar dengan glow di sekitarnya.

4. Jangan Memaksa
Seperti misalnya “Berikan vote kepada kami, sebelum masuk ke website!” atau “Jadikan halaman ini menjadi homepage anda! Klik tombol OK.” pengunjung datang ke website anda mencari informasi atau layanan, bukan mencari cara untuk membuat empunya website terkenal. Remember, website anda ada untuk pengunjungnya, bukan untuk anda.

5.  Link
Jangan tawarkan sebuah link, tapi ketika pengunjung klik link itu yang muncul adalah halaman yang bertuliskan “coming soon”. Buang-buang waktu! Jangan tampilkan sesuatu yang belum selesai, karena itu hanya akan mengecewakan pengunjung.

6. Navigasi tidak jelas.
Jika ada halaman berisi artikel, berikan nama “artikel”, jangan kata lain seperti “gudang ilmu” atau yang lainnya. Langsung saja to-the-point, karena itu akan membingungkan bagi pengunjung yang baru pertama kali tiba.

7. Iklan
Iklan layaknya papan pengumuman. Website yang sebenarnya bisa bagus, dapat rusak hanya karena adanya iklan. Pemasangan iklan baiknya jangan sampai menggangu isi dari web anda.

8. Bahasa
Jangan gunakan bahasa marketing. Apapun yang mau anda katakan, jangan bilang “kami merupakan perusahaan unggulan dan multinational dan memiliki daya saing terpercaya dan terdidik”. Pengunjung tidak ingin tahu itu! Yang pengunjung ingin adalah alasan mengapa meraka perlu ada di website anda, sebelum pengunjung mengklik tombol X di pojok kanan atas browsernya.

9. Penempatan Banner
Halaman dipenuhi banner besar di bagian depan. Sesuatu yang gawat tapi sering saya lihat. Ketika seseorang melihat halaman depan website anda, mereka mau tahu apa yang anda sediakan di sana. Banner di tiap halaman usahakan jangan lebih dari 250 pixel.

10. Flash
Animasi Flash agar keliatan keren. Flash adalah sebuah inovasi yang bagus, tapi bila digunakan dengan tepat. Misalnya Youtube. Tapi, jangan gunakan untuk animasi-animasi yang berkelap-kelip, bergoyang-goyang, dan melakukan apa saja yang bisa mengusir pengunjung anda. Pengunjung tidak peduli dengan teks bergoyang-goyang anda itu, kecuali membuat pengunjung merasa bahwa website anda tidak berkualitas. Terutama hindari Flash untuk menu, karena search engine tidak bisa mengikuti link tersebut ke halaman-halaman yang lain. (gunakan CSS)

11. Hiasan tidak penting. 
Mungkin sedikit mengejutkan, tapi hal seperti, jumlah pengunjung adalah suatu hal tidak penting. Pnegunjung tidak perlu tahu berapa pengunjung website, dan itu juga bukan ukuran tepat untuk popularitas suatu website. Sama halnya dengan musik pengiring, foto besar wajah anda di halaman depan, dan semacamnya. Termasuk juga marquee yang suka dianggap “keren”. Awas!! ada anjing galak :P

Mungkin di antara kalian ada masukan. Silahkan di comment.

"Om Santhi, Santhi, Santhi Om"



Comments:

Ada 5 comments pada “Kesalahan Website”
Belajar Photoshop said...
pada hari 

jadi makin banyak tau harusnya gmn ngurus blog nii kang.. makasii kang iia ;) nonton beckham gag kang?!?!? :p

astheams said...
pada hari 

hmmm,, apa blog saya termasuk ya???,,,

Keep Share said...
pada hari 

iya emang bener sih , tapi nanti kesannya apa enggak malah jadi kayak web statis gan ?
(ha..ha.. , just comment)

Anonymous said...
pada hari 

Ssaya baru tahu nih :)

hexters said...
pada hari 

wah saya jadi terinspirasi,
saya lagi bikin web ni..

makasih.

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!