Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

20 October 2011

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Programmer

"Om Swastiastu"

Untuk menjadi seorang programmer, diperlukan proses pematangan yang memakan waktu cukup lama. Kita semua tidak bisa langsung saja menjadi programmer yang matang. Saya sendiri telah melalui beberapa proses tersebut. Ketika membandingkan diri saya dengan saya setahun yang lalu dengan yang sekarang, rasanya banyak sekali hal yang telah saya pelajari. Saya yang tidak tahu apa-apa tentang Web Programming sekarang tiba-tiba saja sudah menguasainya. Walau masih banyak hal yang mesti saya pelajari.

Nah, selama setahun ini saya sudah mempunyai sedikit banyak pengalaman dalam sebuah proyek atau lebih. Dari proyek ke proyek ilmu yang saya dapatkan semakin banyak. Pengalaman juga bertambah, kecepatan saya menganalisa masalah semakin terasah. Tetapi sebagai seorang manusia biasa, kadang saya masih melakukan kesalahan-kesalahan kecil.



Berikut adalah beberapa kesalahan kecil umum yang sering dilakukan seorang programmer.

  • Lupa memberikan tanda titik koma atau semi colon ( ; ) diakhir kode.
    • Setiap mengetikkan perintah pada suatu baris, maka diakhir baris tersebut kita harus mengetikkan tanda titik koma atau semi colon tersebut. Hampir setiap bahasa pemrograman pasti membutuhkan tanda titik koma diakhir setiap barisnya, dan kita sebagai programmer kadang-kadang lupa untuk memberikannya.
  • Tidak memberikan tanda kurung kurawal tutup ( } ).
    • Ketika kalian membuat suatu kondisi menggunakan if atau membuat sebuah fungsi atau class, maka kita perlu membuat kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup. Ini sangat penting untuk mengetahui sampai mana saja isi dari sebuah fungsi, class atau suatu kondisi tersebut.
  • Query SQL yang kurang tepat.
    • Query dalam SQL tentu sangat penting ketika kita membuat sebuah program yang menggunakan database. Terkadang kita lalai sehingga query yang kita buat tidak tepat. Dan menghasilkan jumlah data yang tidak kita inginkan.
  • Tidak memberikan tag penutup pada kode HTML.
    • Dalam web programming, ada kode HTML yang memerlukan tag penutup dan ada juga yang tidak memerlukannya. Kadang ketika mebuat tag div kita lupa untuk memberikan tag penutupnya, sehingga halaman web yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan kita.
Saya kita masih banyak lagi kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan seorang programmer. Waktu pertama kali belajar, entah berapa kesalahan yang sudah saya buat sampai akhirnya saya bisa menjadi seperti sekarang. Ingat programmer juga manusia biasa, tidak luput dari kesalahan, asal kita mau belajar dari kesalahan yang telah kita buat, maka kelak kita akan menjadi seorang programmer yang terampil. Tanpa kesalahan atau kegagalan, kalian tidak akan mungkin bisa menjadi programmer yang terampil dan handal. Semoga anda semua sukses selalu.


"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 3 comments pada “Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Programmer”
Hasanaji said...
pada hari 

dalam membuat progam memang ada kalanya perlu ketelitian dan harus sabar...
thanks tips nya..

Unknown said...
pada hari 

Dalam programing kudu teliti gan,
memang kurang satu tanda aja ga jadi..hehhehe
padahal udah banyak script yang kita masukkan, eh ternyata cuma kurang tag penutup. seperti "/html" atau "/sytle" dll.

Unknown said...
pada hari 

Thank's gan untuk tipsnya....

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!