Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

20 February 2012

Update Table Dengan Data Dari Table Lain Pada SQL

"Om Swastiastu"

Untuk mengupdate data pada SQL, kita sudah familiar dengan sintaks UPDATE. Menggunakan query UPDATE juga sangat mudah karena kita hanya perlu menyebut nama tabel, dan field yang akan kita ubah valuenya. Lalu bagaimana jika ingin mengupdate sebuah tabel tapi kita memerlukan data dari tabel lain agar proses update berjalan mulus. Logikanya sama seperti kita ingin menampilkan beberapa data dengan menggabungkan 2 atau lebih tabel menggunakan sintaks JOIN. Bagaimana penerapannya dalam sintaks UPDATE?


Sama seperti menggunakan sintaks JOIN, untuk mengupdate tabel yang memerlukan data dari tabel lain kita juga melakukan JOIN, tapi dengan cara yang berbeda. Cara berbeda yang saya maksud adalah, jika kita menggunakan perintah JOIN saat ingin menampilkan data, misalkan


SELECT A.data1, A.data2, B.data3, B.data4 FROM Tabel1 A JOIN Tabel2 B ON A.PrimaryTbl1 = B.PrimaryTbl2


Pada contoh kode SQL diatas kita menggabungkan table dengan mengetik perintah JOIN. Sedangkan dengan menggunakan dan menggabungkan perintah UPDATE, kita melakukan JOIN dengan hanya menyebut nama tabel.


UPDATE tabel1 AS aa, tabel2 AS bb SET aa.data1 = 'databaru' WHERE aa.PrimaryTbl1 = bb.PrimaryTbl2 AND bb.data2 = 'kondisi yang diinginkan'


Bagaimana? Sama seperti menggunakan perintah JOIN bukan, hanya caranya saja yang berbeda. Contoh nyatanya adalah sebagai berikut.


UPDATE stokBarang AS A, Barang AS B, tipeBarang AS C SET A.jmlStok = "20" WHERE A.kdBarang = B.kdBarang AND A.kdTipe = C.kdTipe AND B.namaBarang = "Sabun" AND C.tipe = "3"


Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian.


"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"




Comments:

Ada 0 comments pada “Update Table Dengan Data Dari Table Lain Pada SQL”

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!