Select Language



Followers

IT Programmer. Powered by Blogger.

19 February 2012

Membuat Readmore Pada Website Dengan Fungsi Substring PHP

"Om Swastiastu"

Membuat Readmore Pada Website Dengan Fungsi Substring PHP
Tehnik readmore sangat penting pada suatu website yang menampilkan beberapa artikel panjang. Jika semua artikel ditampilkan dalam keadaan full artikel, tentu saja website yang akan ditampilkan sangat panjang dan hal ini akan membuat waktu loading website menjadi semakin lama, karena perlu menampilkan isi beberapa artikel yang banyak. Maka dari itu, kita perlu mengimplementasikan tehnik readmore dalam pembuatan website seperti ini. Tehnik yang saya gunakan ini menggunakan fungsi substring dalam PHP.


Berbeda dengan tehnik blog yang biasanya kita hanya perlu mengcopy paste beberapa kode untuk dimasukkan dalam edit HTML blog. Dalam website asli dalam arti, web yang kita buat dengan tujuan tertentu, kita harus menggunakan fungsi yang kita buat sendiri. Karena disini kita bertindak sebagai programmer profesional yang tidak hanya melakukan copy paste kode, tapi kita juga harus dituntut untuk bisa membuat fungsi atau bahkan framework sendiri.

Disini saya akan memberikan tehnik readmore secara sederhana saja, dimana membuat readmore ini saya gunakan adalah fungsi substring dalam PHP. Berikut adalah format standar penggunaan substring dalam PHP.

substr(string, karakter_awal, panjang_karakter);

Keterangan:
String yang dimaksud adalah string yang ingin disubtring.
Karakter_awal adalah index karakter darimana string mulai dipotong.
Panjang_karakter adalah panjang karakter yang akan ditampilkan dari nilai awal.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat contoh dibawah ini:


$string = "Ini Blog IT Programmer";

//menampilkan Ini Blog IT

$ex1 = substr($string, 0, 10);

//menampilkan Blog

$ex2 = substr($string, 5, 4);



Pada contoh pertama, pemotongan string dimulai dari index ke 0, dan diambil 10 karakter dari index ke 0, sehingga nantinya hasilnya adalah Ini Blog IT. Pada contoh kedua, pemotongan string dimulai dari index ke 5, yaitu huruf B, dan diambil sejumlah 4 karakter dari index ke 5, maka hasilnya adalah Blog.

Jika kalian sudah paham, sekarang saya akan memulai membuat fungsi dengan substring. Fungsi yang saya buat adalah dimana nantinya sring akan dipotong, lalu setelah dipotong, maka string tersebut akan ditambahkan tanda titik sebanyak 3 kali.


function readmore($string){

$string = substr($string, 0, 200);

$string = $string . "...";

return $string;
}



//Cara penggunaannya

$kalimat = "Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum."

//menampilkan string yang dipotong

echo readmore($kalimat);


Itu adalah tehnik sederhana membuat readmore. Pada contoh diatas saya hanya menampilkan sejumlah 200 karakter awal saja. Jadi misalkan ada artikel dengan panjang 1000 karakter, setelah digunakan teknik readmore, maka hanya akan muncul 200 karakter awal saja.

"Om Santhi, Santhi, Santhi, Om"



Comments:

Ada 1
metjailx6 said...
pada hari 

klo bleh tnya klo isi brita dari inputan database gmna untuk mmbuat readmore atau pmakaian coding sperti itukah... maah sy ,sih pmula .... sdg membuat aplikasi website akademik tuk tgs akhir .... mohon dtanggepin yooo... trimssss

Social Media


Facebook Page

Programming Tutorial


Info


Tips
Downloads
Friends
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Bali Web Development | Privacy Policy | Rise Up!!